Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, melalukan grebek sampah yang digelar UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI, di aliran Kali Tegal Amba RW 02 Kelurahan Pondok Bambu, Duren sawit Jakarta Timur, Sabtu (30/12). Dengan ikut langsung mengangkut sampah dari kali,   ia ingin memberi edukasi ke warga agar tak lagi buang sampah ke kali.

“Walau sungai sudah terlihat bersih, namun perilaku masyarakat membuang sampah di sungai masih terlihat. Itu yang harus dirubah, dengan tidak membuang sampah ke kali, pastinya sungai akan semakin bersih,” katanya, usai terjun dari aliran kali Tegal Amba yang penuh lumpur, Sabtu (30/12).

Menurut Anies, grebek sampah dilakukan berdasarkan aduan warga, karena kali mengalami penyempitan dan pendangkalan akibat sedimen lumpur dan sampah. Sehingga, saat ini dikerahkan 500 petugas membersihkan sampah yang ada sekaligus. “Melalui kegiatan ini juga bisa mengedukasi warga agar tidak membuang sampah di kali,” ujarnya.

Ditambahkan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini, akibat pendangkalan tersebut air sulit mengalir. Kedepan perlu normalisasi dengan dilebarkan dan nanti juga akan diagendakan di tempat-tempat lainnya. “Dengan diagendakan seminggu sekali, pastinya saluran air dapat terjaga dan tidak ada yang tersumbat,” ungkapnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan, untuk kegiatan tersebut, 500 petugas dari pasukan oranye, pasukan biru serta PPSU setempat, diterjunkan. Hasilnya, 10 truk sampah didapat dan dirasa maksimal. “Kedepan setelah bersih kita libatkan RT dan RW untuk memaksimalkan OTT pembuang sampah,” pungkasnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *