JAKARTA — Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengajak komunitas-komunitas peduli lingkungan hidup dan kebersihan untuk ikut ambil bagian dalam kegiatan Penanganan kebersihan pasca pergantian malam tahun 2018.

“Ini sesuai pesan Pak Gubernur bahwa pengelolaan sampah ke depan harus dilaksanakan dalam bentuk gerakan di mana seluruh warga Jakarta tergerak untuk ikut turun tangan,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Adji, Minggu (31/12).

Adji mengungkapkan apresiasinya kepada komunitas yang telah menyatakan untuk terlibat dalam penanganan kebersihan pada pergantian tahun ini. Diantaranya, Generasi Literat, Teens Go Green Indonesia, dan Siswa-siswa Sekolah Rakyat Ancol. “Mudah-mudahan makin banyak komunitas yang terlibat,” katanya.

Generasi Literat setelah merayakan tahun baru pada Senin, 1 Januari 2018 akan menggelar kegiatan dengan menjadi relawan “Literasi Kebersihan” di sekitaran Pantai Ancol. Bentuk kegiatannya diantaranya Ice breaking, bermain, membacakan cerita tentang menjaga kebersihan laut pada anak-anak, lalu mengajak mereka bersih-bersih bersama di sekitar pantai Ancol.

“Kami kumpul jam 10 pagi di pintu masuk Ancol. Ayo jadikan tahun barumu lebih berkesan dan membanggakan dengan terjun langsung membersihkan sampah bekas tahun baru,” kata Pendiri Generasi Literat, Milastri Muzakir.

Selain itu, pasca perayaan malam pergantian tahun, Taman Impian Jaya Ancol gelar aksi bersih pantai dengan tema “Beach Clean Up 2018” pada 1 Januari 2018 pukul 8 pagi di Pantai Lagoon Ancol. Aksi ini diinisiasi oleh Manajemen Ancol sejak 2010 dan melibatkan pengunjung.

Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Ancol terhadap kualitas lingkungan sekaligus memberikan edukasi dan menumbuhkan kepedulian pengunjung terhadap kebersihan pantai Ancol. Aksi seru ini terbuka untuk semua pengunjung Ancol mulai orang dewasa maupun anak-anak, mereka dapat berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Sebagai imbalannya Manajemen Ancol menyiapkan hadiah menarik berupa uang tunai dan sepeda.

Dikemas dalam bentuk lomba pungut sampah, terdapat aturan main yaitu setiap peserta dibekali kantong plastik untuk menampung sampah yang dipungut. Terdapat target yang ditetapkan untuk meraih hadiah, pengunjung diwajibkan mengumpulkan sampah dengan berat tertentu. Bagi mereka yang berhasil mengumpulkan sampah seberat 2kg berhak mendapatkan uang tunai 15 ribu rupiah. Dan bagi yang berhasil mengumpulkan diatas 5kg, selain uang tunai juga berhak mengikuti undian berhadiah sepeda. Terdapat tiga unit sepeda yang disiapkan bagi mereka yang beruntung. Tidak hanya itu, bagi pengumpul sampah paling berat juga berhak memperoleh tambahan uang tunai.

Durasi waktu mengikuti aksi ini sekitar 60 menit. Uniknya pengunjung dibekali plastik transparan sehingga akan terlihat jenis sampah yang dikumpulkan oleh pengunjung. Sampah yg sudah terkumpul dalam plastik akan ditimbang untuk memastikan beratnya.

“Kami berinisiatif untuk mengajak pengunjung untuk terlibat dalam kegiatan bersih pantai agar kembali nyaman. Walaupun petugas kebersihan bersiaga untuk menjaga kebersihan pantai Ancol, tetapi kami ingin pengunjung ikut peduli terhadap kebersihan pantai Ancol” ujar C. Paul Tehusijarana, Direktur Utama Taman Impian Jaya Ancol.

Dalam gelaran perayaan tahun baru, Manajemen Ancol mengerahkan sekitar 490 personil yang siaga menjaga kebersihan kawasan Taman Impian Jaya Ancol.

Selain itu terdapat juga mesin pembersih pasir pantai (beach cleaner) yang dipesan langsung dari Amerika agar kualitas pasir putih di pantai Ancol tetap terjaga. Mesin ini dioperasikan tiga kali dalam seminggu dengan durasi 2-3 jam.

Dalam kesempatan ini, Ancol dibantu oleh komunitas cinta lingkungan Teens Go Green Indonesia serta siswa siswa Sekolah Rakyat Ancol yang menjadi bagian dari pembinaan program CSR.

Manajemen Ancol berharap dengan adanya aksi ini dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk bersama-sama menjaga pantai Ancol tetap bersih. Sebab dengan beragam upaya yang dilakukan akan menjadi sia-sia jika tidak didukung dengan kesadaran pengunjung. Pada akhirnya dengan pantai yang bersih pengunjung dapat nyaman berlama-lama rekreasi bersama keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *