Kali gendong

Tumpukan sampah yang berada di aliran Kali Gendong, Kelurahan Penjaringan, Penjaringan, Jakarta Utara, telah membuat Kepala Satuan Pelaksana (Kasatlak) UPK Badan Air Sudin LH Kota Administrasi Jakarta Utara, Lambas Salingging, kini angkat bicara.
Apabila aliran Kali Gendong ingin bersih dari sampah rumah tangga, dia mengusulkan untuk terlebih dahulu pemerintah terkait untuk menertibkan ribuan bangunan liar di aliran kali tersebut.

“Mau Kali Gendong bersih dari sampah? Kalau bisa tertibkan dulu bangunan liar yang ada di bibir Kali Gendong. Baru deh Kali Gendong saat itu juga bersih. Contoh Taman BMW (Bersih Manusiawi dan Berwibawa). Di sana, juga ada Waduk Cincin dan kali. Bersih tuh dari sampah sekarang. Karena apa? Ya sebab bangunan liar di sana sudah enggak ada,” kata Lambas saat dikonfirmasi Warta Kota, Minggu (24/9/2017).
Dikatakannya, sampah-sampah di kali tersebut dijadikan pondasi bagi warga di pinggiran Kali Gendong tersebut, untuk memperkokoh rumah panggungnya.
“Coba ya, saya enggak pakai alat berat, namun manual. Sampah sedikit-sedikit saya tarik tuh sampai habis, lama kelamaan, ada saja rumah warga rubuh. Karena apa? Karena sampah itu dijadikan warga di bibir Kali Gendong sebagai pondasi guna memperkuat batang kayu rumah panggungnya. Kalau ditarik saja sampahnya di kali itu, saya yakin rubuh rumah mereka,” ucap Lambas.
Ia mengaku, pihaknya sempat membahas soal itu ke tingkat Kota hingga tingkat dinas.
Ia juga sempat memberikan usulan untuk lebih baik di rumah-rumah panggung liar tersebut agar bisa segera ditertibkan.
“Satu-satunya cara agar Kali Gendong bersih itu ya tertibkan dulu bangunan liarnya. Kalau juga tetap maksa untuk dibersihkan, saya meminta jaminan dulu. Siapa yang mau tanggungjawab kalau saat personel membersihkan sampah di Kali Gendong, tiba-tiba rumah itu mereka roboh seketika? Ada? Enggak ada lah. Kalaupun saya hari ini diperintahkan untuk membersihkannya, langsung saya turunin alat untuk garuk semua sampah-sampah di sana. Tetapi, bagaimana di warganya? Ada yang jamin kah keselamatan mereka kalau rumah mereka rubuh?” jelasnya. (*)

Sumber : Tribunnews 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *