Jakarta- Setiap harinya, Kanal Banjir Barat di Jalan Latumenten, Tambora, Jakarta Barat selalu dibersihkan. Ada 2 alat berat yang selalu siaga membantu proses pembersihan itu.

Kali yang merupakan aliran Sungai Ciliwung itu memang tiap harinya dipenuhi berbagai macam sampah seperti plastik, tas, bangkai binatang hingga pohon pisang. Malahan, ada pula jasad bayi yang ditemukan tersangkut jaring pelampung aliran sungai.

“Bayi juga pernah ditemukan di sini. Ini kan sampah kiriman. Ini aliran sungai Ciliwung,” ucap petugas UPK Badan Air, Dinas Lingkungan Hidup (LH), Herman saat membersihkan Kanal Banjir Barat, kepada detikcom, Senin (28/8/2017).

Herman bersama 2 rekannya menggunakan tongkat kayu dengan ujung kaitan besi. Dia menggeser-geserkan sampah ke ujung pelampung.

Setelah sampah terkumpul, 2 alat berat beko mengangkat sampah dan memindahkannya ke truk. Mereka terus melakukan kegiatan itu setiap hari.

“Kerja dari jam delapan pagi, apel dulu terus kerja sampai jam empat sore,” ucap Herman.

Selepas sore, pembersihan sungai dihentikan. Tidak ada kegiatan bersih sampah pada malam hari.

“Kalau operator alat berat, siaga 24 jam,” ujar pengawas UPK Badan Air, Sahbani, di lokasi yang sama.

Setiap hari, rata-rata sampah yang diangkut sebanyak 5 ton. Sampah bisa bertambah jika sedang ada hujan.

“Kalau kali Kanal Banjir Barat per hari volume sampah 10 sampai 18 meter kubik. Itu bila tidak hujan. Satu ton sampah dihasilkan dari 2,71 meter kubik. Sehari-hari ada 5 ton,” ucap Sahbani.

“Apabila hujan, bisa 42-50 meter kubik. Yang mendominasi saat hujan itu bambu dan batang pohon. Kita kan sekarang terakhir kali Ciliwung,” sambungnya.

Pada pukul 14.30 WIB, sampah tidak terlalu banyak. Namun, sampah akan terus bertambah dengan cepat.

“Misalkan sudah bersih, lihat dua jam lagi, pasti sudah banyak sampah lagi,” ucap Sahbani.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menerima surat dari Gubernur Bangkok Pol Gen Aswin Kwanmuang, yang ingin belajar membersihkan sungai di Jakarta. Djarot menyambut baik rencana itu.

 

Sumber : Detik.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *